Kamis, 17 Juni 2010

Werewolf (manusia serigala)


werewolf
Vampire, WereWolf, nama kedua makhluk ini tentunya sudak tidak asing lagi bagi telinga kita. Ditambah lagi munculnya beberapa film layer lebar yang memunculkan makhluk-makhluk ini, seperti Van Helsing, Under World, dan masih banyak lagi. Tapi apakah kalian semua sudah kenal betul tentang kedua makhluk mengerikan ini? Apakah kalian percaya kalau kedua makhluk ini benar-benar ada?
Kedudukan Vampire dan WereWolf
Menurut ajaran Kristen, Vampire dan WereWolf adalah orang orang pengikut ajaran hitam yang telah menjual jiwa mereka pada raja iblis Lucufer. Kedudukan Vampire berada pada nomor 3 dari struktur organisasi ajaran hitam, yaitu setelah Raja Lucifer dan Hyberia, istri Lucifer yang membawahi kelompok khusus yang terdiri atas 13 wanita yaitu Sister of The Light. Sedangkan jabatan setelah vampire dipegang oleh para Zombie, dan dibawahnya lagi barulah jabatan WereWolf dan SherWolf. Sebagai tambahan, jabatan dibawahnya dipegang Mochua, yang bertugas melemahkan iman jemaat. Bisa dikatakan WereWolf adalah budak para Vampire, namun menurut beberapa mitos WereWolf adalah musuh terbesar Vampire. Mengapa? Karena diyakini WereWolf memiliki kekuatan untuk melawan para Vampire.

Vampire
Menurut dugaan, vampire adalah hantu seorang budaah (orang yang menentang ajaran sucu gereja) atau seorang penjahat. Vampire keluar dari makamnya pada malam hari. Dia menyamar jadi kelelewar untuk menghisap darah orang yang sedang tidur.Korban yang digigit olehnya akan menjadi vampire juga. Vampire mejadi terkenal berkat munculnya novel Dracula (1897) karya Bram Stoker. Pangran Dracula inilah yang sering sekali kita dengar dan lihat di film-film seperti di Van Helsing. Namun legenda tentang vampire sudah ada jauh sebelum novel itu keluar.

Apakah kalian kenal nama Vlad Si Pemancang? Mungkin pria inilah vampire yang pertama. Vlad V dari Walachia (1456-1476) lahir tahun 1431 di Transylvania. Dia adalah pemimpin militer yang brutal dan kejam. Dia terkenal karena membunuh seratus ribu orang lebih. Dia memakukan topi ke kepala orang, menguliti mereka hidup-hidup, dan dan yang paling terkenal adalah memancang seseorang pada sebuah tiang. Dari sinilah ia mendapatkan julukan Si Pemancang. Dia juga biasa dipanggil Vlad Putra Naga. Perilakunya yang kejam membuat beberapa orang berpikir bahwa Vlad telah menjual jiwanya pada stan. Menurut isu, Vlad tak pernah diterima di surga. Dia dibunuh tahun 1476 , tetapi makamnya dilaporkan kosong. Dari sinilah legenda vampire dimulai.
Dongeng modern mengatakan bahwa Vampire bisa menjelma menjadi seligala, kelelawar, bahkan gumpalan gas. Vampire memiliki taring yang panjang untuk menggigit dan menghisap darah korbannya. Mereka harus menjauhkan diri dari matahari, karena sinar matahari mampu membakar para Vampire sampai menjadi abu. Menurut beberapa mitos Vampire tak tampak pada cermin karena mereka tidak memiliki jiwa. Masih menurut mitos, cermin kuno dibuat dari perak karena perak dipercaya dapat memantulkan kejahatan. Oleh karenanya peluru perak atau pun pisau perak sangat baik untuk membunuh Vampire begitu pula dengan WereWolf. Vampire juga dapat dibunuh dengan cara menikam jantungnya, air yang mengalir, air suci, dan bawang putih. Kita juga harus memenggalnya dengan sekop penggali kuburan dan menguburnya di persimpangan jalan.
Memang keberadaan Vampire mungkin Cuma dalam legenda dan novel, namun tindakan manusia yang menyurupai vampire memang benar-benar pernah terjadi. Sebagai contoh yang terkenal adalah Countess Elizabeth Bathory yang telah membunuh para gadis dan ia memandikan dirinya dengan darah korbannya. Ia percaya dengan cara itu ia akan tetap awet muda. Wanita biadab ini dipenjara pada tahun 1610. Dracula adalah tokoh gabungan Vlad Si Pemancang dan Elizabeth Bathory Selain itu juga Di New York sekitar tahun 1990-an pernah terjadi kasus yang aneh. Disebuah rumah sakit di New York (nama tidak disebutkan karena berhubungan dengan masalah nama baik), seorang pria mencuri dan meminum persediaan darah di rumah sakit. Kejadian itu disaksikan oleh seorang suster dan seorang satpam. Pria misterius itu melarikan diri lewat jendela dan tak pernah ditemukan. Menurut pendapat para ahli mungkin pria itu menderita suatu penyakit yang menyebabkannya kecanduan darah. Namun jawaban yang pasti tak pernah ada.
WereWolf
Kisah makhluk jadi-jadian yang berwujud setengah manusia, setengah binatang telah ada sejak dulu kala. Dari lukisan gua pada awal masa prasejarah, dapat dilihat bahwa para shaman primitif dianggap mempunyai kekuatan untuk berubah rupa. WereWolf atau serigala jadi-jadian sering dianggap sebagai budak para Vampire. Pada siang hari para WereWolf ini berwujud manusia biasa, namun bila bulan purnama telah tiba mereka akan berubah wujud menjadi serigala besar yang mengerikan. Bulan purnama dianggap mampu menghasilkan kekuatan mistik yang sangat besar. Sama seperti Vampire, bila ada manusia yang terkena gigitan WereWolf, ia akan menjadi WreWolf pula. Bila manusia yang digigit vampire digigit lagi oleh WereWolf, ia akan langsung mati. Tubuh manusia biasa tidak dapat menahan dan menyimpan 2 kekuatan mistik ini. WereWolf tidak bisa mengeluarkan kekuatannya pada siang hari, bulan purnama adalah satu-satunya saat kekuatan serigala mereka bisa dimunculkan. Karena itulah mereka diperbudak oleh para Vampire. Namun, menurut beberapa mitos WereWolf memiliki kekuatan lebih besar dari pada Vampire. Bandingkan saja serigala dengan kelelawar yang mana yang lebih mematikan.

Manusia serigala dipercaya benar-benar pernah ada di Prancis. Menurut legenda di sana pernah ada binatang ganas yang meneror penduduk sebuah desa di Prancis selama 3 tahun, yaitu dari tahun 1764 sampai 1767. Katanya, binatang ini sebesar sapid an membunuh 60 lebih petani. Serigala ini mati tertembak peluru perak di dadanya. Ketika disemblih di perutnya berisi tulang leher seorang gadis. Bangkainya dikuburn namun tak pernah ditemukan lagi.
Dalam kebudayaan lain, selain srigala banyak sekali makhluk jadi-jadian yang bisa kita kenal, seperti harimau jadi-jadian, sapi jadi-jadian ataupun anjing jadi-jadian, (kok lucu ya kedengarannya ^_^). Di Denmark pernah ada cerita yang menarik. Seekor beruang pernah membunuh 60 kuda dan 6 pria di Ofodens Praestegjeld. Beruang itu dikejar dan dibunuh. Saat ditemukan, hewan itu menggunakan ikat pinggang. Tak seorang pun bisa menjelaskannya.
Menurut mitos-mitos negara lain, ada juga makhluk yang berlawanan dengan makhluk jadi-jadian seperti tadi. Bila makhluk jadi-jadian seperti WereWolf adalah perubahan manusia menjadi binatang, ada juga yang berubah dari binatang menjadi manusia. Seperti siluman kucing Nekomata yang berasal dari mitos Jepang. Siluman kucing wanita yang hidup sangat lama ini mampu berubah wujud menjadi wanita cantik, kemudian ia menggoda dan mengganggu manusia. Di kepercayaan lain pun sangatnya banyak makhluk seperti ini.
Tanggapan Para Ahli
Kisah Vampire dan WereWolf belum memiliki bukti yang pasti atas keberadaannya. Mungkin kedua makhluk ini cuma makhluk hayalan yang dikarang oleh nenek moyang kita. Namun kisah mereka menghubungkan beberapa unsur yang penting. Pada dasarnya kisah vampire berasal dari ketakutan terhadap orang mati dan pengamatan terhadap apa yang terjadi setelah mati. Setelah mati, kulit akan mengerut, gigi dan kuku tampak lebih panjang. Wajahnya pucat, seolah darahnya dihisap habis. Serigala dan kelelawar cumalah hewan, namun katanya hewan-hewan ini bisa dirasuki roh orang mati.

Makhluk jadi-jadian adalah bentuk ketakutan yang luar biasa dari manusia terhadap manusia lain. Manusia kadang bisa lebih ganas dan berbahaya dari pada hewan apapun, apalagi bila ia dikuasai oleh amarah dan dendam. Bulan purnama tidaklah memiliki kekuatan magis apa pun. Hanya saja saat bulan purnama yang terang benderang akan mempermudah orang untuk melakukan kejahatan pada malam hari, khususnya pada zaman dahulu, ketika belum ada lampu penerang jalan. Sebenarnya pasti ada penjelasan rasional untuk semua kisah itu, tapi banyak pula orang-orang yang percaya tahayul dan terlalu menglebih-lebihkan cerita. Yap, mitos tetaplah mitos. Kita tidak bisa mengetahui kebenaran sebenarnya. Namun, kisah-kisah tentang makhluk-makhluk gaib seperti tadi cukup menarik dan sangatlah sayang bila kita tidak nikmati. Percaya atau tidak percaya semuanya terserah anda, yang penting tidak membawa dampak yang buruk.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar